Suzuki Alto K10, Rival Datsun Go

Belakangan ini pasar otomotif di Indonesia sedang ramai dengan model LCGC atau singkatan dari Low Cost Green Car. Mobil LCGC merupakan produk mobil yang dibandrol dengan harga murah namun memiliki emisi yang rendah. Beberapa merek yang sudah meluncurkan produk LCGC adalah Toyota, Daihatsu, dan yang paling Baru adalah Datsun GO. Namun kini Suzuki juga tak tinggal diam menyikapi kesempatan ini. Pada bulan November 2014  yang lalu, Suzuki resmi meluncurkan mobil LCGC pertamanya di India yaitu Suzuki Alto k10. Suzuki Alto sendiri merupakan flagship dari Suzuki untuk produk LCGC car. Alto K10 merupakan versi terbaru dari Suzuki LCGC. Mungkin bagi anda yang memiliki mobil Suuki Celerio akan tau ada beberapa kemiripan dengan Alto k10. Namun yang paling utama adalah harga Suzuki Alto k10 tidak akan lebih mahal dengan Datsun GO yang tidak lain adalah saingan terberatnya.

Spesifikasi Eksterior

Meskipun termasuk dalam kategori LCGC, Spesifikasi Suzuki Alto K10 terbilang cukup mumpuni. Dari disain exterior, Suzuki mendesain Alto k10 dengan gaya hatchback mungil namun agresif dan berkarakter kuat. Lekukan pada exterior terlihat sangat dinamir namun cocok sebagai city car. Pada bagian depan, anda akan menemukan perpaduan apik antara fog lamps dan juga air intakes yang lumayan besar. Sedangkan pada bagian kap dipasang dengan model sculpted hood. Untuk pusat perhatiannya, Alto k10 memiki grill yang sudah di warnai chrome.

Dapur Pacu

Dari disain exterior kini kita intip dapur pacunya. Suzuki Alto k10 memiliki mesin berkapasitas 1.0 liter dengan kelas 3-silinder. Dengan mesin tersebut, Alto k10 memiliki tenaga 68 hp dengan torsi 90 Nm. Alhasil Alto k10 mampu berlari dengan kecepatan 0 – 60 km/jam dalam hitungan 5.3 detik. Selain itu ada fitur baru pada bagian transmisi yaitu menggunakan teknologi AMT atau Automate Manual Transmission yang memberikan akselerasi yang lebih mantap. Sebagai LCGC kurang rasanya jika tidak mereview konsumsi bahan bakar dari Suzuki Alto k10. Menurut rilis resminya, Alto k10 dapat melaju hingga 24.07 km per liternya.

Sedangkan untuk harga Suzuki Alto k10 berbeda-beda tergantung versinya. Suzuki sendiri merilis 6 versi dari Suzuki Alto K10.

  • Suzuki Alto K10 LX Rp 90 jutaan,
  • Suzuki Alto K10 LXi Rp 93 jutaan,
  • Suzuki Alto K10 LXi CNG Rp 115 jutaan,
  • Suzuki Alto K10 VXi Rp 96 jutaan,
  • Suzuki Alto K10 VXi AMT Rp 114 jutaan,
  • Suzuki Alto K10 VXi (O) Rp 110 jutaan.

Perbedaan setiap versinya dalah beberapa fitur tambahan. Semakin tinggi versi yang anda pilih maka semakin banyak fitur yang diberikan untuk Alto k10. Namun sayangnya belum ada kabar pasti, kapan Suzuki Alto k10 akan dipasarkan di Indonesia. Kita tunggu saja kapan LCGC baru ini akan meramaikan bursa otomotif Indonesia.

suzuki alto k10 indonesia, harga suzuki alto k10, spesifikasi suzuki alto k10, mobil suzuki alto k10, harga suzuki alto, suzuki Alto K10, suzuki alto indonesia
Suzuki Alto K10, Rival Datsun Go | maulana | 4.5